Rama Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang

Kabar gembira bagi umat beriman di Keuskupan Agung Semarang (KAS). Pada hari Sabtu (18/3/2017), Takhta Suci Vatikan telah resmi mengumumkan penunjukan Uskup Agung KAS yang baru.

Rama Rubiyatmoko 
Paus Fransiskus melalui siaran resmi yang dilansir Radio Vatikan pada Sabtu petang pukul 18.00 WIB telah merilis kabar yang menggembirakan itu. Bapa Suci telah menunjuk Rama Dr Robertus Rubiyatmoko, Dosen Moral dan Hukum Gereja Fakultas Teologi Wedabhakti Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta sebagai Uskup Agung KAS yang baru.

Terpilihnya Mgr Robertus Rubiyatmoko Pr menjadi Uskup Agung KAS yang baru ini menjadi hadiah berarti bagi umat KAS. Apalagi di bulan Juli-Agustus 2017 mendatang, KAS akan menjadi tuan rumah Asian Youth Day ke-7. Dalam AYD ini, setidaknya 3.000-an OMK dari 29 negara di Asia akan berpartisipasi dalam perjumpaan iman di kalangan orang muda katolik se-Asia itu.

Rama Ruby, sapaan akrab Rama Rubiyatmoko ini lahir di Yogyakarta pada tahun 1963. Rama Ruby adalah alumnus Seminari Mertoyudan tahun masuk 1980. Rama Ruby adalah teman seangkatan Rama FX Sukendar, Vikjen sekaligus Administrator Diosesan KAS sekarang.

Usai menyelesaikan pendidikan tahun rohani sebagai calon frater diosesan KAS di Seminari Tahun Rohani KAS di Wisma Jangli Semarang pada tahun 1984-1985, ia melanjutkan pendidikan belajar filsafat dan teologi di Fakultas Wedabhakti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan tinggal di Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan Yogyakarta.

Pada tahun 1992, Rama Robertus Rubiyatmoko Pr menerima tahbisan imamatnya dari tangan Uskup KAS waktu itu, Julius Kardinal Darmaatmadja SJ.

Setelah beberapa waktu lamanya berkarya di paroki –antara lain di Paroki Santa Maria Assumpta Pakem— Rama Ruby ditugaskan oleh Uskup Agung KAS waktu itu (Kardinal Julius Darmaatmadja SJ) untuk belajar Hukum Gereja di Universitas Gregoriana di Roma hingga akhirnya meraih gelar doktor.

Sepulang dari Roma, Rama Ruby ditugaskan Uskup KAS menjadi Dosen Moral dan Hukum Gereja di Fakultas Teologi Wedabhakti USD dan menjadi tenaga pendidik (formator) untuk para frater di Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan, Yogyakarta.


Rama Rubiyatmoko menggantikan posisi Uskup Agung KAS yang kosong sejak Mgr Johannes Pujasumarta Pr meninggal dunia pada hari Selasa (10/11/2015) pukul 23.30 WIB di RS Santa Elisabeth Semarang setelah beberapa waktu lamanya menderita penyakit kanker paru. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar